Senin, 30 Agustus 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Mata Pelajaran                     :  IPA (Biologi) Kelas/Semester                     :  VIII/1
Pertemuan Ke-                      :  3
Alokasi Waktu                      :  2 jam pelajaran
Standar Kompetensi             :  1.      Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia. Alokasi Waktu      :  1.2  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia. Indikator                   :  •       Mengurutkan tahap-tahap perkembangan
manusia.
•      Mendeskripsikan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas, termasuk menstruasi pada perempuan.

I.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.   menguraikan ciri-ciri balita, remaja, dewasa, dan manula;
B.   mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia (balita-remaja-dewasa- manula);
C.   menyebutkan tanda-tanda kelamin sekunder pada laki-laki dan perempuan;
D.   menjelaskan proses yang terjadi saat menstruasi.
E.   menyebutkan hormon sistem reproduksi yang mulai aktif saat masa pu- bertas;
F.   menghindari bahaya pergaulan bebas dan narkoba.


II.  Materi Pokok
•     Pertumbuhan manusia.
•     Balita dan anak-anak.
•     Remaja dan dewasa.
•     Manula.


III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A.    pengamatan atau observasi terhadap manusia;
B.    Diskusi.

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-3
A.   Pendahuluan
Guru memberi apersepsi tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Kemudian, guru bertanya, ”Berapa berat badan kalian ketika lahir? Berapa berat badan kalian saat ini? Berapa kalikah kenaikan berat badan kalian saat ini jika dibandingkan saat kalian lahir?”
B.   Kegiatan Inti
1.    Siswa diminta menjelaskan pengertian dari ovulasi.
2.    Siswa diminta membedakan ciri-ciri blastula, morula, dan gastrula.
3.    Siswa diminta membandingan fetus, embrio, dan janin.
4.    Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta menguraikan ciri- ciri balita, remaja, dewasa, dan manula.
5.    Siswa diminta mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia
(balita-remaja-dewasa-manula).
C.   Penutup
Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang ciri-ciri setiap tahap perkembangan manusia.

V.   Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa
A.   buku Konsep dan Penerapan Sains Biologi 2, Tiga Serangkai, halaman
23–27;
B.   lingkungan sekitar sekolah.

VI. Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja.
A.   Tes Tertulis
1.   Buatlah skema yang menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
2.   Apakah yang dimaksud dengan menstruasi?
3.   Disebut apakah embrio yang sudah memiliki semua bagian tubuh lengkap, tetapi berukuran kecil (± 7 cm)?
4.   Pada usia berapakah tahap pertumbuhan cepat remaja putra dan putri terjadi?
5.   Jelaskan tanda-tanda kelamin sekunder pada pria.
6.   Hormon apa sajakah yang berperan dalam sistem reproduksi laki- laki?
7.   Jelaskan perbedaan antara ovulasi dan menstruasi.
8.   Hormon apa sajakah yang berperan dalam sistem reproduksi laki- laki?
9.   Sebutkan organ-organ penyusun sistem reproduksi perempuan dan laki-laki?
10.  Gambarkan secara sederhana alat reproduksi perempuan dan laki-
laki.
B.   Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satu per satu. Hasilnya dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.

Format penilaian kinerja sebagai berikut: Hari/Tanggal   :   ....
Kelas/Semester    :            ....






No.

Nama
Aspek Penilaian

Jumlah
Tingkat Keaktifan (0–30)
Kemampuan Berdiskusi (0–30)
Kemampuan Merangkum (0–40)
1.





2.





3.





4.





dst.






Mengetahui,                                   Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah                              Guru Biologi


(                               )                      (                               )
NIP. ................................                 NIP. ................................


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar